10 Contoh Integritas Dalam Dunia Kerja Dan Cara Menunjukkannya

Dengan selalu memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan dan memiliki kemauan untuk belajar hal baru akan memupuk rasa percaya diri Anda. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti untuk selalu belajar dan menambah wawasan supaya lebih mudah melebur dengan komunitas tertentu. Seseorang yang kurang percaya diri akan sulit untuk melangkah maju. Semua orang, terutama wanita karir, membutuhkan rasa percaya diri agar bisa menentukan langkah dalam mengambil keputusan. Rasa percaya diri juga menyebabkan seseorang bisa bertindak di khalayak ramai dimana banyak orang yang akan mendengarkan atau memperhatikan Anda. Dengan bekerja sama dengan orang lain, Anda juga dapat meningkatkan pengetahuan yang dapat digunakan dalam mengembangkan usaha Anda.

Membangun kepercayaan akan semakin memperkuat rasa loyal dari para konsumen atau pelanggan terhadap perusahaan. Proses membangun kepercayaan tidaklah mudah, dan menjadi pekerjaan penting bagi sebuah perusahaan. Dalam konteks bisnis, loyalitas sering dikaitkan dengan konsumen atau pelanggan. Loyalitas pelanggan dianggap sebagai faktor utama yang menentukan tingkat penjualan.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga membantu membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan menumbuhkan bisnis yang berkelanjutan. Membangun iklim kerja dimana antara saling pengertian dan percaya satu sama lain adalah lingkungan. Ajak rekan kerja dan anak buah Anda agar dapat terbuka kepada Anda.

Pentingnya sebuah kepercayaan dalam bisnis

Selain diberikan fasilitas pemberian training untuk karyawan Anda, siapkan juga seorang mentor terbaik yang bisa mendampingi karyawan Anda. Fungsi mentor di sini adalah untuk memberikan arahan, pendampingan, serta memonitoring kinerja karyawan Anda dari waktu ke waktu. Sang mentor pun bisa dari karyawan yang memiliki kepercayaan diri lebih ataupun orang luar yang telah Anda percaya. Anda pun bisa mengajukan kesempatan pada karyawan Anda untuk memilih mentor yang sesuai atau nyaman untuk dirinya. Dengan memberikan kesempatan tersebut, karyawan Anda pun sudah satu langkah mengalami perubahan dalam percaya diri karena diberikan kesempatan berpartner dengan orang yang dipercayainya.

Untuk divisi-divisi yang memiliki fungsi kerja yang jauh berbeda, para pimpinan harus menemukan cara-cara inovatif untuk meningkatkan degree interaksi antar beberapa divisi tersebut, tentunya harus dengan alasan yang bagus. Contoh lainnya, sekarang banyak toko on-line yang semuanya memberikan penawaran yang berbeda. Mulai dari barang dan jasa yang dijual, hingga harga, diskon, kemudahan, dan berbagai keunggulan masing-masing. Pelanggan tak akan berpikir dua kali dan khawatir untuk melakukan transaksi dengan toko online tersebut.

Keuntungan menjalankan bisnis dengan integritas adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan juga memiliki potensi periklanan dari mulut ke mulut yang akan membawa lebih banyak pelanggan. Bila hal tersebut didiamkan akan terdampak pada kemajuan dan keberhasilan perusahaan. Karena itulah setiap pemimpin perusahaan memiliki kewajiban juga untuk membantu dan memotivasi karyawan agar tetap atau memiliki rasa kepercayaan diri. Mengelola sebuah perusahaan pribadi memang memilih tantangan tersendiri.

Nah oleh karena itu, demi mendapatkan reputasi, pastikan Anda tidak melakukan kecurangan pada pelanggan dan memastikan kepuasaan pelanggan. Melalui Live ini, Anda bisa gunakan untuk memberikan informasi tentang cara pemakaian, hingga kegunaan dari barang yang ditawarkan. Live streaming ini bisa dilakukan melalui YouTube, Facebook, atau yang lebih mudah melalui Instagram. Jangan ragu pula untuk memberikan kontak messenger seperti, WA,BBM atapun Line untuk memastikan komunikasi dengan pelanggan berjalan dengan baik. Tetapi juga, Anda harus punya kontak yang jelas sehingga pelanggan bisa menghubungi Anda, atau untuk melihat produk serta jasa lain yang ditawarkan. Sistem transaksi on-line yang rumit bisa membuat orang malas atau enggan untuk melakukan pembelian.

Dunia bisnis on-line cukup berhubungan dengan banyaknya isu “penipu”, “scam,” dan beragam bentuk ketidak-jujuran lain. Hal-hal tersebut menjadikan pelanggan pun enggan untuk mulai berbelanja atau menggunakan jasa dari web bisnis. Jadi, mengapa anda tidak melibatkan diri anda ke dalam kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anda? Kegiatan yang berkaitan dengan kerja sama tim memerlukan sebuah keterampilan komunikasi lisan dan juga tertulis. Salah satu keuntungan terbesar yang akan anda terima setelah melakukan kerja sama tim adalah anda dan perusahaan akan mendapatkan inspirasi serta ide-ide baru dari diskusi bersama tim.