20 Tips Sukses Bangun Bisnis Dari Nol

Yang namanya menjalankan bisnis pasti ada naik turunnya, pasang surutnya hingga untung ruginya. Namun jangan jadikan hal tersebut sebuah halangan untuk kamu bisa meraih kesuksesan. Pastikan kamu memiliki sikap yang pantang menyerah untuk terus bangkit dan memulai kembali. Saat kamu sudah berani untuk memulai sebuah bisnis, hal pertama yang harus kamu fokuskan adalah sistem dari bisnis itu sendiri. Dengan memiliki sistem bisnis yang baik, perjalanan bisnis kamu untuk meraih kesuksesan akan lebih mudah dan lancar.

Misalnya kamu memiliki bisnis roti, maka kamu membutuhkan companion pendukung, bisa berupa suppllier bahan kue atau toko-toko roti di sekitar daeramu. Setelah tahu tempat atau sarana apa untuk berbicara dengan buyer, maka kamu juga harus tahu aktivitas harian dalam bisnis kamu. Key activities bisa berupa, bagaimana cara distribusi produk hingga tenaga ahli untuk membantu menjalankan usaha kamu.

Selain itu, Anda juga akan memperoleh komisi jika berhasil menjual properti. Anda memang harus berhati-hati dan tidak boleh terburu-buru mengambil properti untuk dipasarkan kembali. Namun, jika Anda menemukan properti yang sesuai di lokasi yang tepat, Anda sebaiknya segera bergerak. Semakin cepat Anda mengambil peluang, Anda akan semakin dekat dengan keuntungan.

Membuat bisnis

Ketika melakukan hal-hal baru seperti memulai usaha, wajar jika ada satu atau dua hal yang masih terlupa dan beberapa hal yang masih dibingungkan. Biasakan untuk mencatat detail-detail barang, operasional, kegiatan serta tantangan yang Anda hadapi. Catatan ini nantinya bisa digunakan untuk mengingatkan apa yang terlupa, harus dibeli dan dilakukan serta dijadikan sebagai bahan evaluasi. Namun hal itu akan terbayarkan dengan penghematan biaya yang akan didapatkan. Jangan enggan untuk berkeliling ke berbagai tempat demi mendapatkan bahan baku yang lebih murah dengan kualitas terbaik.

Semakin banyak Anda mampu meraih customer, maka semakin besar peluang untuk sukses. Anda dapat mencari ide bisnis tersebut dengan cara memantau jualan yang ada di sekitar Anda, atau di lokasi keramaian. Silahkan Anda cermati dan perhatikan dagangan yang ada untuk dijadikan ide usaha.

Setelah emblem, maskot, dan slogan dari sebuahbrandsudah siap dan cukup matang untuk diluncurkan ke masyarakat, saatnya melakukan proses pemasaran. Persona yang kamu ciptakan harus bisa menarik perhatian pelanggan dan mengartikulasikan pembeda produk kamu dengan produk milik kompetitor. Setelah visi jelas, maka tentukan goal pasar yang akan dijangkau. Hal terakhir dan terpenting dalam membuat konten yang menarik adalah dengan memastikan konten yang dibuat tidak bersifat membosankan. Orang akan mengenal brand kamu melalui logo, jadi perlu diingat bahwa brand brand harus mudah diingat, unik, dan terukur. Entah kamu membuatnya sendiri atau menggunakan jasa desainer, sebuah emblem akan menjadi wajah sebuah model sehingga harus mampu mewakili nilai, visi dan misi model kamu secara visual.

Misalnya, Anda dapat bertanya kepada kandidat bagaimana mereka menginterpretasikan visi perusahaan untuk melihat apakah mereka akan cocok dengan tim Anda. Kehidupan startup berbeda dengan kehidupan di company yang sudah mapan, jadi temukan karyawan yang akan bersemangat untuk menerima tantangan. Ini juga peluang bisnis yang cocok untuk pasangan muda penyuka pesta.

Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, Anda bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan Anda. Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari web. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar Rp2 jutaan saja. Modal yang dikeluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini.