7 Kriteria Partner Bisnis Yang Cocok Diajak Kerja Sama

Selain itu, tak semua teman bisa cocok diajak untuk menjalankan bisnis bersama-sama. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika ingin mengajak teman kamu sebagai rekan bisnis. Berikut ini 5 suggestions meyakinkan teman untuk bergabung menjadi rekan bisnis. Menjalankan bisnis dengan teman sendiri memiliki berbagai keuntungan tersendiri. Dengan mengajak rekan untuk melakukan bisnis bersama, kita bisa melakukan sharing modal dan risiko. Memang menyenangkan jika bisa memulai bisnis bersama teman, apalagi teman yang sudah dikenal dekat.

Sebab, Anda hanya perlu membayarkan sejumlah uang untuk menjadi mitra sebuah produk terkemuka. Dari ‘modal’ yang diberikan tersebut, Anda akan mendapatkan satu set alat penjualan, bahan baku hingga pelatihan yang mumpuni. Apakah Anda seorang pelaku usaha baru yang sedang membutuhkan associate bisnis untuk usaha Anda? Tidak perlu terburu-buru dan gampang percaya dalam mencari rekan bisnis.

“Tergantung” atau “it relies upon” seringnya menjadi pengantar jawaban terbaik. Faktor-faktor penentunya bisa berbeda-beda untuk konteks mitra pemasaran, mitra pendiri usaha, penyandang dana , ataupun mitra produksi dan distribusi. Untuk kali ini, kita hanya akan membahas mengenai cara menentukan komisi atau margin untuk mitra pemasaran dulu. Sementara ulasan tentang pola bagi hasil dengan investor diulas disini, dan dengan para pendiri diulas disini. Kualitas teman baik tidak selalu cocok dengan kualitas sebagai rekan bisnis.

Ia pun memaparkan pengalaman saat ia berkunjung di salah satu rumah sakit di Taiwan yang menampung para manula . Saat Anda memasukkan uang untuk investasi, saat itulah uang Anda dalam risiko. Risiko kegagalan bisnis akan lebih besar dibandingkan investasi saham berkualitas tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memulai bisnis dengan modal sesedikit mungkin. Era serba internet seperti sekarang ini, memulai bisnis kecil berbasis web akan lebih menekan risiko daripada berinvestasi saham.

Di sisi lain, untuk klien personal, kontrak kerja relatif lebih sederhana. Seseorang yang mencari jasa pembuatan website, tentu akan menilai kualitas web site Anda terlebih dahulu. Mereka mungkin akan menggunakan jasa Anda jika web site tersebut cukup menarik. Anda bisa melakukan riset harga yang ditawarkan kompetitor sekaligus mempelajari daya beli konsumen untuk jasa pembuatan website. Platform freelance seperti Sribulancer atau Fiverr bisa menjadi tempat yang ideal untuk melakukan kedua riset tersebut bersamaan.

Yang dimaksud dengan visi adalah tujuan apakah yang akan dicapai bersama dan misi adalah cara yang ditempuh supaya visi tersebut menjadi nyata. Apa Anda sudah merasa telah menemukan orang yang cocok untuk dijadikan rekan bisnis Anda? Coba dengan melakukan uji kecocokan terlebih dahulu dengan mulai mengajak orang tersebut untuk berdiskusi mengenai bisnis yang akan Anda jalankan. Coba lihat bagaimana orang tersebut menanggapi dan menentang gagasan-gagasan Anda serta mempelajari argument yang dia berikan.

Asumsi ini terkadang membuat pebisnis baru cepat menyerah ketika ada halangan atau ketika omset tidak mencapai ekspektasi. Memulai usaha butuh ketekunan dan kesabaran, karena tidak ada yang instan langsung menjadi besar. Bila pekerjaan kita sudah selesai, cobalah untuk membantu companion bisnis kita, dengan begitu pekerjaan akan menjadi cepat selesai. Saat pertama kali membangun 12Society, Mehta ingin membuat e-commerce yang keren, mudah diakses, dan dapat masuk ke segmen laki-laki dengan demografi yang sulit ditembus. Untuk itu, ia tidak hanya mencari partner yang terkenal, namun juga aspirasional. Hal ini juga dialami Josh Berman saat membangun BeachMint, perusahaan yang mengelola 6 website e-commerce yang dikuratori oleh para selebritas.

Membuat bisnis dengan parter

Dengan begitu, Anda memiliki sebuah kesempatan yang besar untuk membangun hubungan kerja sama dengan orang-orang yang berkualitas, dan bukan orang yang masih belum paham apa-apa soal bisnis waralaba. Bukan hanya sekedar partner untuk menjalankan sebuah bidang usaha, Anda harus memperhatikan aspek yang satu ini. Saat calon mitra Anda tidak memiliki passion, peluang mendulang kesuksesan akan semakin kecil. Itu artinya, pilihlah calon mitra usaha yang memiliki tekad yang bulat, yang mana ia mempunyai goal yang jelas dalam menjalankan sesuatu, termasuk dalam bermitra dengan Anda.