Capaian Vaksinasi Baru 15 Persen, Bupati Sumedang Keluhkan Pasokan Vaksin Covid

Bila melihat dari tabel jadwal imunisasi bayi dari IDAI, anak mendapatkan imunisasi hepatitis B pertama yaitu monovalent saat bayi usia 1 bulan. Presiden Joko Widodo berharap pelaksanaan vaksinasi bisa dilakukan dengan konsep dari rumah ke rumah dan sekolah, seperti yang dilakukan Badan Intelijen Negara. Statistik itu juga menunjukkan, risiko infeksi oleh varian Delta itu 1,forty six lebih besar ketimbang reinfeksi varian Alpha. Mengutip laporan 167 kasus transmisi lokal pertama atas varian Delta di Tiongkok, ulasan WHO pun menyebutkan bahwa viral load pada pasien itu besarnya 1.000 kali dibanding pasien Covid-19 di awal pandemi di Wuhan.

Vaksinasi yang wajib dalam pelaksanaan Umroh adalah vaksinasi Meningitis, untuk melindungi risiko tertular Meningitis meningokokus, suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakan. Munculnya kasus baru infeksi Covid-19 itu juga membuka fakta yang selama ini tidak diketahui. Selandia Baru ternyata mengalami kesulitan untuk memvaksinaksi populasinya.

Ia menambahkan bahwa Indonesia termsuk negara yang paling maju dalam hal vaksinasi. Beredar sebuah video yang mengklaim bahwa vaksinasi menyebabkan terciptanya varian baru Covid-19. Disebutkan pula varian baru Covid-19 terbentuk untuk menghindari antibodi yang diciptakan oleh dorongan vaksinasi world. “Uji klinis kandidat vaksin dijadwalkan akan dimulai dalam enam bulan dan peluncuran publik tidak diharapkan setidaknya 16 bulan dari sekarang,” ujar IISc.

Warga Selandia Baru telah hidup tanpa pembatasan hingga Selasa (17/08), saat PM Ardern mengumumkan lockdown seantero negeri selama tiga hari, setelah sebuah kasus muncul di kota Auckland. Kasus tersebut merupakan yang pertama di negara itu sejak bulan Februari. Sementara bagi mahasiswa lama, ungkap Prof. Marwan, USK juga akan segera mengeluarkan Surat Edaran yang mewajibkan mereka untuk melakukan vaksin Covid-19. Apalagi ada sebagian mahasiswa yang harus mengikuti kegiatan praktikum dan penelitian di kampus. Menurut Prof. Marwan, keputusan dari Kemenkes ini sekaligus untuk menjawab berbagai pertanyaan dari orang tua, tentang kewajiban vaksinasi bagi anaknya yang belum berusia 18 tahun. Pada tanggal 30 Juli 2021, Dirjen WHO bahkan menyampaikan dalam four minggu terakhir atau 1 bulan terakhir, kenaikan kasus world meningkat 80% akibat varian Delta.

Namun, terlepas dari perbedaan efikasi vaksin Moderna dan vaksin Pfizer, kedua vaksin COVID-19 ini secara umum memiliki tingkat keamanan dan efek samping yang hampir sama. Setelah disuntikkan, virus yang tidak aktif pada vaksin ini akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus Corona secara spesifik. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu tubuh terserang virus Corona, sudah ada antibodi yang bisa melawannya dan mencegah terjadinya penyakit. Jauhar menerangkan, Pemprov tidak bisa berbuat banyak mengingat ketersediaan vaksin terkait kuota dari pemerintah pusat. Ditargetkan, jumlah warga Depok yang mengikuti vaksinasi lewat program D’Vajar ini mencapai one hundred orang per kelurahan. Bagi orang yang telah lanjut usia atau para lansia, sudah bisa mendapatkan persetujuan untuk diberikan vaksin Covid-19.

Vaksinasi baru

Presiden menyatakan pemerintah mengalihkan fokus kampanye vaksinasinya dari tempat-tempat vaksinasi massal ke klinik vaksinasi keliling dan klinik-klinik darurat yang lebih kecil. Ia juga mengarahkan apotik agar beralih dari mewajibkan orang membuat perjanjian untuk mendapatkan vaksinasi menjadi mengizinkan orang datang langsung dan divaksinasi pada hari yang sama. Strategi ini ditujukan untuk rakyat Amerika yang tinggal di kawasan pedesaan yang jauh dari pusat-pusat penyedia layanan kesehatan konvensional. ILUNI UI telah melakukan vaksinasi untuk 500 warga usia 18 tahun ke atas dan 500 orang lanjut usia . ILUNI UI dan RSUI masih terus melakukan vaksinasi terhadap kelompok penerima vaksin lainnya.

Melalui tahapan pengembangan dan pengujian vaksin yang lengkap, efek samping yang berat dapat terlebih dahulu terdeteksi sehingga dapat dievaluasi lebih lanjut. Manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan risiko sakit karena terinfeksi bila tidak divaksin. Bagi yang menerima SMS dari Peduli Lindungi mohon untuk mengecek jadwal dan lokasi vaksinasi dosis ke-2 melalui menu diatas. Begitu juga sertifikat vaksin yang di-upload, boleh vaksin yang pertama atau kedua,” jelas Wakil Rektor USK Bidang Akademik ini.

Melalui program vaksinasi tersebut diharapkan bisa memunculkan kekebalan tubuh untuk mengurangi risiko terinfeksi COVID-19 lebih parah. Vaksin COVID-19 yang disuntikkan akan mendorong tubuh membentuk antibodi yang berguna melawan infeksi virus corona. Meski menggunakan bahan dasar yang sama, hasil uji klinis fase 3 vaksin Pfizer sedikit lebih tinggi daripada vaksin Moderna.