Melawan Infodemi Di Tengah Pandemi

“Selain itu, ada potensi dari Quinine Sulfate dibandingkan klorokuin dan hidrosiklorokuin dalam menghambat aktivitas SARS-CoV-2 secara in vitro. Hal ini menjadi keuntungan bagi Indonesia karena ini merupakan bahan alam dari Indonesia. Kemudian di Konsorsium Ikatan Apoteker Indonesia, dilakukan uji klinis pada Soman2, OB Herbal, VipAlbumin, dan TehDia,” kata Prof. Keri. Ia mengungkapkan, sejumlah pada Konsorsium Nasional Multicenter Clinical Trial Indonesia, sudah dilakukan uji klinis terhadap obat-obatan yang sudah ada di pasaran. Selain obat-obatan penguat imun, suplemen natural dan jamu-jamuan juga sudah ada yang dilakukan uji klinis. Pernyataan bersedia masuk karantina selama 14 hari yang dilaksanakan oleh pemerintah Republik Indonesia.

“Jadi uji vaksin sebagai area kontestasi dari keunggulan tiga kelompok besar di dalam uji vaksin itu,” kata Ubedilah. Temuan obat kolaborasi tiga lembaga itu merupakan hasil dari kombinasi sejumlah obat yang telah diuji dalam tiga tahap.

Dia mendesak agar oknum-oknum mafia obat ditertibkan dari hulu, mengingat hari-hari ini obat tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dan ini menyangkut keselamatan nyawa rakyat. Dalam rapat terbatas pada 18 Juni 2020 di Istana Merdeka, Jokowi menegaskan jajarannya untuk bekerja lebih dari “biasa-biasa saja” mengacu kepada situasi darurat pandemi COVID-19 saat ini. Ia mengatakan belanja kementerian, salah satunya Kementerian Kesehatan tergolong rendah padahal anggaran sebesar Rp 75 triliun sudah disediakan. Sebelumnya, pemerintah merancang dua skema vaksinasi Covid-19, yakni vaksinasi gratis dan berbayar . Rasio penduduk yang harus membayar untuk mendapatkan vaksin adalah 70 persen atau sekitar seventy five juta orang dari target 107 penduduk berusia tahun yang ditargetkan pemerintah sebagai penerima vaksin Covid-19. Presiden menginstruksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi gratis.

Di tengah pandemi Covid-19, warga sulit mendapatkan obat dan tabung oksigen untuk isolasi mandiri. Mengatasi ini, Jumat pagi, Presiden tinjau PT Aneka Gas Industry, produsen oksigen, dan semalam membagikan obat ke warga. Akses obat untuk pasien Covid-19 harus dilakukan secara terukur dari sisi medis, khususnya untuk obat yang memiliki efek samping besar ke tubuh. Kasus Covid-19 diperkirakan akan bertambah 100 juta kasus selama enam bulan ke depan. Penemuan obat menjadi mendesak selain percepatan pengadaan vaksin berikut vaksinasinya. Prof. Retnosari menjelaskan bahwa interaksi obat merupakan peristiwa interaksi antarobat yang jumlahnya lebih dari satu yang dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan.

Politik Obat Covid

Negara perlu melakukan intervensinya dengan meng identifikasi perusahaan atau kelompok masyarakat yang akan mengalami kerugian dari yang terbesar hingga yang paling tidak dirugikan. Negara wajib hadir menjaga ketertiban dan menjaga situasi aman dan masyarakatnya tetap tenang. Masyarakat merasa aman dan nyaman tidak diliputi rasa ketakutan, termasuk akses terhadap ke butuhan sehari-hari terpenuhi. Misalnya menjamin warga tidak kelaparan, menjaga akses terhadap informasi dari pemerintah secara transparan hingga akses ke fasilitas kesehatan bila ada yang terkena gejala Covid-19. Tulisan ini akan membahas bagaimana kita menganalisis fenomena Covid-19 dari perspektif hubungan inter nasional, khususnya subdisiplin ekonomi politik internasional . Secara singkat, menurut pandangan ekopolin, fenomena internasional terjadi sebagai konsekuensi interaksi antara kekuatan yang dimiliki negara dan perusahaan di tingkat world.

Permasalahan ekonomi makro Indonesia dalam membangun negara sebenarnya tidak hanya sebatas itu. Inflasi yang tidak terkendali, ketergantungan terhadap impor dan utang luar negeri merupakan masalah pemerintah dalam bidang ekonomi makro. Pada intinya, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengakui realitas kelangkaan lalu memikirkan cara mengorganisasikan masyarakat dalam suatu acara yang menghasilkan pemanfaatan sumber daya ekonomi yang paling efisien.

Selain itu terdapat juga obat yang disegel dan dilarang produksi oleh pihak BPOM. Ia menambahkan, Indonesia saat ini juga tergabung dalam riset bersama World Health Organization untuk pengujian klinis terhadap empat alternatif obat terapi yang sudah dilakukan selama ini untuk pasien Covid-19. Rekomendasi kedua adalah, mendorong BPOM dan Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait obat dan natural.

Dari sisi efek samping, BPOM menilai obat tersebut masih harus dikaji lebih lanjut. Obat corona merupakan obat keras yang tidak bisa sembarangan diberikan kepada masyarakat. “Memang sangat penting sekali kita melihat dampak dari pemberian dosis yang sudah dirancang dalam riset ini,” kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam konferensi pers, Rabu (19/8). Para ilmuwan di seluruh dunia sedang mengembangkan berbagai kandidat vaksinCOVID-19. Semua vaksin ini dirancang untuk melatih sistem imun tubuh dalam mengenali dan menghadang virus penyebab COVID-19 secara aman.