Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Menerapkan Program Corporate Social Accountability Studi Di Pt Coca Cola Bottling Indonesia Cabang Medan

Pastikan informasi yang diberikan cukup menyeluruh, tetapi juga tidak terlalu jauh. Baru saja meluncurkan lini produk dan jasa yang baru dan ingin agar pelanggan setiap maupun calon pelanggan tertarik untuk membelinya? Tanpa adanya media yang tepat, komunikasi bisnis tidak dapat dilakukan karena pertukaran informasi yang diharapkan menjadi tak dapat lagi dilakukan. Rapat kerja diskusi dan semacamnya Rapat-rapat kerja diskusi, lokakarya, seminar dan semacamnya dalam lingkup perusahaan adalah merupakan komunikasi bisnis organisasional. Disana dipertukarkan gagasan, informasi, pendapat ataupun sikap para peserta dalam rangka meningkatkan kemampuan perusahaan.

Pada dasarnya, terdapat 2 bentuk dasar komunikasi dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Ketika pelaku usaha mencoba memasarkan produk atau jasa yang diinginkan, pelaku usaha tersebut harus memiliki proyeksi dampak dari aktivitas pemasaran yang dilakukan. Dampak ini dapat menjadi target atau tujuan komunikasi bisnis; baik untuk sekadar menyampaikan informasi, memberikan instruksi penggunaan produk, hingga mendorong angka penjualan.

KOmunikasi dalam bisnis

Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat muncul ketika digunakan dalam kondisi yang semestinya. Pastikan untuk memilih teknik dan metode yang benar ketika ingin melakukan sebuah komunikasi. Komunikasi tertulis adalah salah satu teknik komunikasi yang banyak digunakan di perusahaan untuk menyampaikan sebuah informasi. Jika dulu perusahaan menggunakan surat fisik saja, saat ini surat juga tetap dikirim menggunakan surat elektronik. Hal ini untuk membuktikan bahwa perusahaan telah mengirimkan informasi baik secara elektronik maupun handbook.

Dalam hal ini komunikasi yang baik ialah komunikasi yang dapat dimengerti dan diterima oleh orang lain dan selain dengan cara verbal, komunikasi juga bisa dilakukan dengan bahasa tubuh atau menggunakan gesture untuk tujuan tertentu. Masing-masing media ini memiliki kelebihan serta kekurangan, baik itu dari sisi biayanya maupun dari sisi impression yang didapat. Cara penyampaian informasi dalam setiap media juga dapat menjadi sebuah faktor penentu keberhasilan iklan tersebut. Informasi yang dimaksud di sini adalah informasi yang memiliki kaitan bersama aktivitas dengan berbagai pihak. Contohnya, seorang sales yang ingin meningkatkan target pencapaiannya, maka ia akan berusaha untuk memasang iklan di berbagai media. Menggunakan simbol atau sebuah sinyal maksudnya adalah metode atau alat yang digunakan untuk melakukan komunikasi sehingga dapat dimengerti oleh penerima.

Kedua, membaca pesan yang akan dipostingberulang kali untuk memastikan apakah pesan tersebut sudah mewakili karakter atau kepribadian dari produk yang dipasarkan. Kemudian, mengungkapkan kata-kata bijak yang tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebagai seorang pebisnis kita tentu ingin mempersuasi orang untuk menyukai atau hingga membeli produk kita. Apabila banyak investor yang melirik bisnis kita, makan kegiatan berwirausaha dapat berjalan dengan lebih lancar.

Komunikasi non verbal sangat dibutuhkan dalam komunikasi bisnis, Karena isyarat-isyarat komunikasi nonverbal sangat penting, terutama dalam kaitanya dengan penyampaian perasaan dan emosi seseorang. Komunikasi akan Efektif apabila terjadi pemahaman yang sama dan merangsang pihak lain untuk berpikir atau melakukan sesuatu. Juga akan membantu mengantisipasi masalah, membuat keputusan yang tepat, dapat mengkoordinasikan aliran kerja, mengawasi orang lain, dan mengembangkan berbagai hubungan. Dalam dunia bisnis, reputasi dan kredibilitas harus dibangun agar kustomer merasa nyaman hingga memberikan kepercayaannya pada anda. Tiap perusahaan membangun pola komunikasi mereka sebaik mungkin agar menghindari kekeliruan dan meningkatkan efisiensi.